RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

Text Box: PERANGKAT PEMBELAJARAN 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 

























Di Susun Oleh :

EKO LILIK BUDIYANTO. B,Sc


Mata Pelajaran                      : Teknik Audio Video

Standar Kompetensi             : Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video



 

 


PROGRAM TAHUNAN

 


Nama Sekolah             : SMK Bina Putra
Kelas/Semester            : XII/ 5 (lima)
Mata Pelajaran            : Teknik Audio Video
Standar Kompetensi   : Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video
Tahun Pelajaran           : 2015/ 2016

 

A.          Jumlah Minggu Dalam Setiap Bulan

No
Bulan
Jumlah Minggu
Jumlah Minggu Efektif
Keterangan
1
Juli
3
3

2
Agustus
4
3

3
September
4
2

4
Oktober
5
4

5
Nopember
4
4

6
Desember
5
2

7
Januari
4
3

8
Februari
4
4

9
Maret
4
2

10
April
5
4

11
Mei
4
2

12
Juni
5
2

Jumlah
51
35


B.           Distribusi Minggu Efektif

No
Jumlah Minggu Efektif Per Tahun
Jumlah Minggu Efektif Per Semester I
Jumlah Minggu Efektif Per Semester II
Keterangan
1
35
18
17


C.          Jumlah Jam Belajar

No
Satu Minggu
Semester I
Semester II
Keterangan
1
3
54
51


D.          Jumlah Jam Belajar

No
Uraian
Semester I
Semester II
Keterangan
1
Minggu Efektif
18
17

2
Minggu Tidak Efektif
7
9

3
Minggu Cadangan
2
2

4
Jam Belajar Efektif
54
51

5
Jam Belajar Tidak Efektif
21
27

6
Jam Belajar Cadangan
6
6


Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST                                                Eko Lilik Budiyanto. B,Sc

PROGRAM TAHUNAN
ALOKASI WAKTU
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Nama Sekolah             : SMK Bina Putra
Kompetensi Keahlian  : Teknik Elektronika
Mata Pelajaran            : Teknik Audio Video
Standar Kompetensi   : Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar
Kelas/Semester            : XII/ 5

NO
BULAN
JUMLAH MINGGU
KETERANGAN
KESELURUHAN
EFEKTIF
1
Juli
3
3

2
Agustus
4
3

3
September
4
2

4
Oktober
5
4

5
Nopember
4
4

6
Desember
5
2

7
Januari
4
3

8
Februari
4
4

9
Maret
4
2

10
April
5
4

11
Mei
4
2

12
Juni
5
2

Jumlah
51
35



DISTRIBUSI JAM PELAJARAN
NO
BULAN
JUMLAH MINGGU
KETERANGAN
KESELURUHAN
EFEKTIF
1
KBM Efektif
35
16

2
Ulangan Harian
2
2

3
Mid Semester
1
1

4
KBM Tidak Efektif
16
35

5
Cadangan
2
2

6
Remidial/ Pengayaan
1
1

7
Ulangan Umum
1
1

Jumlah
58
58







Sungai Raya, 15  Juli  2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST                                       EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC


PROGRAM SEMESTER



Mata Pelajaran            : Teknik Audio Video
Standar Kompetensi   : Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video
Kelas                           : XII
Semester                      : 1 (satu)
Tahun Pelajaran           : 2015/ 2016

No
Standar Kompetensi
Tatap Muka
Bulan
Keterangan
JULI
AGUSTUS
SEPTEMBER
OKTOBER
NOVEMBER
DESEMBER
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
Memilih dan menyiapkan bahan dan peralatan kamera



























v  Pengidentifikasian alat sesuai kebutuhan
v  Pengecekan fungsi alat


























2
Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar



























v  Listrik sebagai sumber energi untuk kamera
v  Pengisian battery charger pada kamera


























3
Memasang atau memeriksa peralatan pendukung kamera



























v  Alat-alat pendukung fungsi kamera
v  Posisi alat-alat pendukung kamera


























4
Memasang kamera, lensa dan aksesories lain



























v  Lensa dan filter kamera
v  Tripod sebagai alat bantu stabilizer
v  Teknik memegang kamera


























5
Menguji semua aspek operasional kamera



























v  Menu-menu pada kamera
v  Penyesuain penggunaan menu pada kamera


























6
Menyiapkan dan mengisi videotape



























v  Identifikasi kaset
v  Pengoperasian video tape atau kaset
v  Persiapan pengambilan gambar


























7
Mengoperasikan kamera



























v  Prosedur pengoperasian kamera
v  Sudut pengambilan kamera yang sesuai
v  Pergerakan kamera


























8
Melepaskan kamera, aksesories dan peralatan pendukung



























v  Pembongkaran aksesoris dan alat pendukung kamera secara aman
v  Penyimpanan aksesoris dan lat pendukung kamera pada tempatnya
v  Pengidentifikasian kondisi alat
v  Perawatan lokasi shooting






















































Jumlah



























Sungai Raya, 15 Juli  2015
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST                                                                                                     EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC


Mata Pelajaran            : Teknik Audio Video
Standar Kompetensi   : Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar
Kelas                           : XII
Semester                      : 5 (lima)
Tahun Pelajaran           : 2015/ 2016
Durasi  Pembelajaran   :

No
Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar
Jml Jam
Alokasi Waktu (Minggu Efektif)
Tempat
Ket
Minggu Ke
Sekolah
DU/DI
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
Teori
Praktek
1
Memilih dan menyiapkan bahan dan peralatan kamera

























2
Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar

























3
Memasang atau memeriksa peralatan pendukung kamera

























4
Memasang kamera, lensa dan aksesories lain

























5
Menguji semua aspek operasional kamera

























6
Menyiapkan dan mengisi videotape

























7
Mengoperasikan kamera

























8
Melepaskan kamera, aksesories dan peralatan pendukung






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMK                           : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran          : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester         : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu           : 4 x 45

A.   Standar Kompetensi   :
1.      Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video

B.  Kompetensi Dasar        :
1.      Memilih dan menyiapkan bahan dan peralatan kamera

C.  Indikator :
1.      Pengidentifikasian alat sesuai kebutuhan
2.      Pengecekan fungsi alat

D.  Tujuan Pembelajaran

1.  Peserta didik mampu mengidentifikasi alat sesuai kebutuhan
2.  Peserta didik mampu melakukan pengecekan fungsi alat

E.  Materi Pembelajaran

·         Pengidentifikasian alat sesuai kebutuhan

·         Pengecekan fungsi alat

F.  Pendekatan & Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL

 

G.  Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Pendahuluan
·         Mengucapkan salam (Religius)
·         Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·         Menanyakan kepada peserta didik macam-macam kamera video
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi

2.  Kegiatan Inti
·         Mengkonfirmasikan peralatan dan syarat stok untuk pengambilan gambar dengan teliti
·         Mendapatkan peralatan yang tepat serta dipastikan bahwa kamera tersebut berfungsi
·         Membersihkan dengan teliti peralatan dan kamera
·         Mengenali kesalahan dan kerusakan dengan cermat pada peralatan produksi
·         Melaporkan kesalahan dan kerusakan peralatan kepada teknisi ahli
·         Mendapatkan stok bahan yang habis sebagai antisipasi ketersediaan pada waktu proses produksi

3.  Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan tentang karakteristik kamera video
·         Menutup pertemuan dan mengucapkan salam

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

Kamera video, Tripod, Battery charger kamera, Sumber listrik, Buku penunjang, Internet


I.  Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)

1.   Teknik
Tes tulis
2.   Bentuk Instrumen
Uraian
3.   Soal / Instrumen
a.       Jelaskan macam-macam kamera video
b.      Jelaskan karakteristik dari salah satu kamera video






Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                               Ka. Kompetensi                         Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST     Eko Lilik Budiyanto, B.Sc          EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMK                           : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran          : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester         : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu           : 4 x 45

A.   Standar Kompetensi   :
1.      Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar

B.  Kompetensi Dasar        :
2.      Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar

C.  Indikator :
  1. Daya listrik dipastikan tersedia dan sesuai
  2. Charger dipastikan sesuai untuk battery yang digunakan
  3. Battery diisi dengan aman menurut rekomendasi pabrik
  4. Battery yang sudah diisi sesuai dengan durasi film dirawat

 

D.  Tujuan Pembelajaran

1.  Peserta didik mampu memastikan ketersediaan daya listrik dan sesuai
2.  Peserta didik mampu memastikan charge sesuai dengan battrey yang digunakan
3.  Peserta didik mampu mengisi battery sesuai rekomendasi pabrik
4.  Peserta didik mampu melakukan pengisian battery sesuai durasi yang dibutuhkan

E.  Materi Pembelajaran

·         Listrik sebagai sumber energi untuk kamera
·         Pengisian battery charger pada kamera

F.  Pendekatan & Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL

 

G.  Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Pendahuluan
·         Mengucapkan salam (Religius)
·         Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·         Menanyakan kembali kepada peserta didik macam-macam kamera video
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi

2.  Kegiatan Inti
·         Memastikan terdapat listrik pada lokasi
·         Memasang battery charger pada kamera sesuai prosedur
·         Melepaskan battery charger pada kamera sesuai prosedur
·         Mengisi energi (mencharge) battery charger pada kamera

3.  Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan tentang mengisi dan merawat battrey
·         Menutup pertemuan dan mengucapkan salam

 

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

Kamera video, Tripod, Battery charger kamera, Sumber listrik, Buku penunjang, Internet


I.  Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)

1.   Teknik
Tes tulis
2.   Bentuk Instrumen
Uraian
3.   Soal / Instrumen
a.  Jelaskan bagaimana cara untuk memastikan tersedianya daya listrik?
b.  Jelaskan prosedur yang benar cara melapas dan memasang battery?
c.  Jelaskan bagaimana cara mencharge yang benar?



Sungai Raya, 15  Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                            Ka. Kompetensi                               Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST                Eko Lilik Budiyanto, B.Sc                            EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMK                           : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran          : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester         : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu           : 4 x 45

A.   Standar Kompetensi   :
1.      Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video

B.  Kompetensi Dasar        :
3.      Memasang atau memeriksa peralatan pendukung kamera

C.  Indikator :
1.      Ditentukan syarat-syarat pendukung dan posisi kamera
2.      Peralatan pendukung dipasang pada posisi yang sesuai dan pada ketinggian yang sesuai pula untuk mencapai camera shot yang diperlukan
3.      Dipastikan peralatan pendukung kamera dalam keadaan aman, terhindar dari kerusakan dan sesuai dengan kamera

D.  Tujuan Pembelajaran

1.  Peserta didik mampu memastikan syarat pendukung dan posisi kamera
2. Peserta didik mampu mengatur peralatan pendukung yang dibutuhkan sesuai ketinggian yang dibutuhkan
3. Peserta didik mampu memastikan peralatan pendukung kamera aman untuk digunakan

E.  Materi Pembelajaran

·         Alat-alat pendukung kamera
·         Posisi alat-alat pendukung kamera

F.  Pendekatan & Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL

 

G.  Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Pendahuluan
·         Mengucapkan salam (Religius)
·         Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·         Menanyakan kembali kepada peserta didik tentang mengisi dan merawat battrey
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi

2.  Kegiatan Inti
·         Menentukan syarat-syarat pendukung dan posisi kamera dengan sesuai kebutuhan
·         Mengidentifikasi alat-alat pendukung kamera
·         Memposisikan peralatan pendukung kamera sesuai dengan kebutuhan
·         Memastikan posisi dari peralatan pendukung aman

3.  Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan tentang memasang atau memeriksa peralatan pendukung kamera
·         Menutup pertemuan dan mengucapkan salam

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

Sumber listrik, Alat pendukung kamera yang relevan, Buku penunjang, Internet


I.  Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)

1.   Teknik
Tes tulis
2.   Bentuk Instrumen
Uraian
3.   Soal / Instrumen
a.  Sebutkan peralatan-peralatan pendukung kamera?
b.  Jelaskan prosedur yang benar cara mengatur ketinggian peralatan pendukung kamera?



Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                              Ka. Kompetensi                          Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST        Eko Lilik Budiyanto, B.Sc        EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMK                           : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran          : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester         : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu           : 4 x 45

A.   Standar Kompetensi   :
1.      Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video

B.  Kompetensi Dasar        :
4.      Memasang kamera, lensa dan aksesories lain

C.  Indikator :
  1. Lensa dan filter kamera dipilih dan dipasang secara benar sesuai persyaratan kreatif
  2. Aksesories kamera lain dan persyaratan khusus dipasang secara benar
  3. Kamera diangkat dengan menggunakan teknik pengangkatan dan penanganan yang aman
  4. Kamera diamankan untuk menghindari kerusakan

D.  Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik mampu memilih lensa dan filter kamera dan dipasang dengan benar
2. Peserta didik mampu menggunakan aksesoris lain dan dipasang dengan benar
3. Peserta didik mampu menggunakan/mengangkat kamera dengan benar
4. Peserta didik mampu mengamankan dan menghindarkan kamera dari kerusakan

E.  Materi Pembelajaran

  • Lensa dan filter kamera
  • Tripod sebagai alat bantu stabilizer
  • Teknik memegang kamera

 

F.  Pendekatan & Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL

 

G.  Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Pendahuluan
·         Mengucapkan salam (Religius)
·         Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·         Menanyakan kembali kepada peserta didik tentang memasang atau memeriksa peralatan pendukung kamera
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi

2.  Kegiatan Inti
·         Mengidentifikasi lensa dan filter kamera secara tepat
·         Memasang lensa dan filter pada kamera sesuai prosedur
·         Memasang aksesoris kamera secara tepat
·         Memegang dan mengangkat kamera sesuai prosedur
·         Memposisikan tripod sesuai kebutuhan


3.  Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan tentang memasang kamera, lensa dan aksesories lain
·         Menutup pertemuan dan mengucapkan salam

 

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

Sumber listrik, Alat pendukung kamera yang relevan, Buku penunjang, Internet

I.  Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)

1.   Teknik
Tes tulis
2.   Bentuk Instrumen
Uraian
3.   Soal / Instrumen
a.  Jelaskan cara memasang lensa kamera?
b.  Jelaskan teknik memegang kamera yang baik?



Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                             Ka. Kompetensi                       Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST              Eko Lilik Budiyanto, B.Sc                  EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMK                           : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran          : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester         : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu           : 4 x 45

A.   Standar Kompetensi   :
1.      Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video

B.  Kompetensi Dasar        :
5.      Menguji semua aspek operasional kamera

C.  Indikator :
  1. Fungsi perekam pada vide kamera diperiksa untuk mendapatkan output teknis yang akurat
  2. Pencahayaan, warna dan aspek focus kamera diperiksa untuk mendapatkan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
  3. Filter yang telah dipilih diperiksa untuk memastikan bahwa filter-filter tersebut telah sesuai dengan hasil artistic dan teknis yang diinginkan

 

D.  Tujuan Pembelajaran

1. Peserta didik mampu memeriksa fungsi perekam pada video kamera
2. Peserta didik mampu memeriksa pencahayaan, warna dan aspek focus kamera
3. Peserta didik mampu memeriksa filter yang telah dipilih

E.  Materi Pembelajaran

  • Menu-menu pada kamera
  • Penyesuain penggunaan menu pada kamera

F.  Pendekatan & Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL

 

G.  Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Pendahuluan
·         Mengucapkan salam (Religius)
·         Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·         Menanyakan kembali kepada peserta didik memasang kamera, lensa dan aksesories lain
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi

2.  Kegiatan Inti
·         Memeriksa fungsi perekam pada video kamera untuk mendapatkan output teknis yang akurat
·         Memeriksa pencahayaan, warna dan aspek focus kamera untuk mendapatkan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
·         Memilih filter yang telah diperiksa untuk memastikan bahwa filter-filter tersebut telah sesuai dengan hasil artistic dan teknis yang diinginkan



3.  Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan tentang menguji semua aspek operasional kamera
·         Menutup pertemuan dan mengucapkan salam

 

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

Sumber listrik, Alat pendukung kamera yang relevan, Buku penunjang, Internet

I.  Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)

1.   Teknik
Tes tulis
2.   Bentuk Instrumen
Uraian
3.   Soal / Instrumen
a.  Jelaskan cara untuk mengetahui fungsi perekam pada video kamera dapat bekerja?
b.  Jelaskan cara pengaturan kamera untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup?



Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                           Ka. Kompetensi                          Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST           Eko Lilik Budiyanto, B.Sc                      EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMK                           : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran          : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester         : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu           : 4 x 45

A.   Standar Kompetensi   :
1.      Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar

B.  Kompetensi Dasar        :
6.      Menyiapkan dan mengisi videotape

C.  Indikator :
  1. Labelisasi semua kaset secara akurat
  2. Pengisian dan pemeriksaan videotape kedalam kamera untuk merekam
  3. Konfirmasi persiapan untuk pengambilan gambar dengan personel yang relevan

D.  Tujuan Pembelajaran

1.  Peserta didik mampu melabelisasi semua kaset secara akurat
2.  Peserta didik mampu melakukan pengisian dan pemeriksaan videotape ke dalam kamera untuk merakam
3. Peserta didik mampu mengkonfirmasi persiapan untuk pengambilan gambar dengan personel yang relevan

E.  Materi Pembelajaran

·         Identifikasi kaset
·         Pengoperasian video tape atau kaset
·         Persiapan pengambilan gambar

F.  Pendekatan & Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL

 

G.  Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Pendahuluan
·         Mengucapkan salam (Religius)
·         Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·         Menanyakan kembali kepada peserta didik tentang menguji semua aspek operasional kamera
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi

2.  Kegiatan Inti
·         Memberikan identifikasi pada kaset dengan label secara cermat
·         Membuka tempat kaset pada kamera sesuai dengan prosedur
·         Memasukkan kaset sesuai prosedur
·         Koordinasi dengan tim yang relevan atau kelompok untuk memulai pengambilan gambar




3.  Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan tentang menyiapkan dan mengisi videotape
·         Menutup pertemuan dan mengucapkan salam

 

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

Sumber listrik, Alat pendukung kamera yang relevan, Buku penunjang, Videotape

I.  Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)

1.   Teknik
Tes tulis
2.   Bentuk Instrumen
Uraian
3.   Soal / Instrumen
a.   Jelaskan cara untuk memasang videotape ke dalam kamera video?
b. Sebutkan media penyimpanan video yang biasa digunakan pada kamera video selain videotape?




Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                           Ka. Kompetensi                        Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST             Eko Lilik Budiyanto, B.Sc                 EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMK                           : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran          : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester         : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu           : 4 x 45

A.   Standar Kompetensi   :
1.      Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar

B.  Kompetensi Dasar        :
7.      Mengoperasikan kamera

C.  Indikator :
  1. Kamera dioperasikan menurut petunjuk dan panduan dari pabrik
  2. Pertimbangan pada camera shots dan angles untuk memastikan bahwa pengambilan gambar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan
  3. Dipastikan bahwa gerakan kamera tetap dan halus selama durasi pembuatan film Penggunaan teknik fotografi dan komposisi untuk memenuhi persyaratan kreatif
  4. Penyesuaian dan penggerakan peralatan bila diperlukan, selama pembuatan film

D.  Tujuan Pembelajaran

1.   Peserta didik mampu mengoperasikan kamera sesuai petumjuk dari pabrik
2.  Peserta didik mampu mempertimbangkan pada camera shots dan angles untuk memastikan bahwa pengambilan gambar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan
3. Peserta didik mampu menggunakan teknik fotografi dan komposisi untuk memenuhi persyaratan kreatif
4.  Peserta didik mampu memastikan bahwa gerakan kamera tetap dan halus selama durasi pembuatan film
5.  Peserta didik mampu menyesuaikan dan penggerakan peralatan bila diperlukan, selama pembuatan film

E.  Materi Pembelajaran

·         Prosedur pengoperasian kamera
·         Sudut pengambilan kamera yang sesuai
·         Pergerakan kamera

F.  Pendekatan & Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL

 

G.  Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Pendahuluan
·         Mengucapkan salam (Religius)
·         Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·         Menanyakan kembali kepada peserta didik tentang menyiapkan dan mengisi videotape
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi




2.  Kegiatan Inti
·         Mengoperasikan kamera menurut petunjuk dan panduan dari pabrik
·         Mempertimbangkan camera shots dan angles untuk memastikan bahwa pengambilan gambar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan
·         Menggunakan teknik fotografi dan komposisi yang sesuai untuk memenuhi persyaratan kreatif
·         Memastikan dengan teliti bahwa gerakan kamera tetap dan halus selama durasi pembuatan film
·         Menyesuaikan pergerakan peralatan bila diperlukan  selama pembuatan film

3.  Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan tentang mengoprasikan kamera
·         Menutup pertemuan dan mengucapkan salam

 

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

Sumber listrik, Alat pendukung kamera yang relevan, Buku penunjang, Videotape

I.  Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)

1.   Teknik
Tes tulis
2.   Bentuk Instrumen
Uraian
3.   Soal / Instrumen
a.   Jelaskan cara untuk melakukan zooming pada kamera video?
b.  Sebutkan istilah-istilah gerakan kamera yang biasa digunakan dalam shooting?



Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                   Ka. Kompetensi                    Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST     Eko Lilik Budiyanto, B.Sc      EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMK                           : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran          : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester         : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu           : 4 x 45

A.   Standar Kompetensi   :
1.      Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar

B.  Kompetensi Dasar        :
8.      kamera, aksesories dan peralatan pendukung

C.  Indikator :
  1. Video kamera, aksesoris, serta pendukungnya dibongkar dan dibawa dengan menggunakan teknik pengangkatan yang aman
  2. Semua peralatan dibersihkan dan dipak ke dalam tas untuk menghindari kerusakan dan siap untuk dipindahkan
  3. Laporan dan dokumentasi semua peralatan yang rusak dan membutuhkan perawatan kepada personel yang relevan
  4. Lokasi pembuatan film ditinggalkan dalam keadaan seperti sedia kala atau bahkan lebih baik, dengan kepastian bahwa tidak ada dampak buruk pada lokasi

D.  Tujuan Pembelajaran

1.  Peserta didik mampu melepas video kamera, aksesoris, serta pendukungnya dan dibawa dengan menggunakan teknik pengangkatan yang aman
2.  Peserta didik mampu membersihkan semua peralatan dan dipak ke dalam tas untuk menghindari kerusakan dan siap untuk dipindahkan
3.  Peserta didik mampu membuat laporan dan dokumentasi semua peralatan yang rusak dan membutuhkan perawatan kepada personel yang relevan
4.  Peserta didik mampu meninggalkan lokasi pembuatan film dalam keadaan seperti sedia kala atau bahkan lebih baik, dengan kepastian bahwa tidak ada dampak buruk pada lokasi

E.  Materi Pembelajaran

·         Pembongkaran aksesoris dan alat pendukung kamera secara aman
·         Penyimpanan aksesoris dan lat pendukung kamera pada tempatnya
·         Pengidentifikasian kondisi alat
·         Perawatan lokasi shooting

F.  Pendekatan & Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL

 

G.  Langkah-langkah Pembelajaran

1.  Kegiatan Pendahuluan
·         Mengucapkan salam (Religius)
·         Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·         Menanyakan kembali kepada peserta didik tentang mengoperasikan kamera
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi


2.  Kegiatan Inti
·         Melepaskan aksesoris kamera dari kamera sesuai prosedur
·         Melepaskan kamera dari stabilizer  sesuai prosedur
·         Mengidentifikasi dengan teliti kondisi alat setelah pemakaian
·         Menyimpan kamera pada tas kamera denagn hati-hati
·         Menyimpan aksesoris dan stabilizer pada tempatnya
·         Melaporkan dan mendokumentasikan semua peralatan yang rusak dan membutuhkan perawatan kepada personel yang relevan
·         Merawat lokasi shooting dengan membersihkan lokasi shooting dari sampah akibat proses shootng

3.  Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan tentang melepaskan kamera, aksesories dan peralatan pendukung
·         Menutup pertemuan dan mengucapkan salam

 

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

Sumber listrik, Alat pendukung kamera yang relevan, Buku penunjang, Videotape

I.  Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)

1.   Teknik
Tes tulis
2.   Bentuk Instrumen
Uraian
3.   Soal / Instrumen
a.   Jelaskan cara untuk melepas tripod dari kamera video?
·         Sebutkan alasan kenapa kita harus merawat lokasi shooting dengan membersihkan lokasi shooting dari sampah akibat proses shooting?





Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                            Ka. Kompetensi                          Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST              Eko Lilik Budiyanto, B.Sc                   EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC




S I L A B U S

NAMA SEKOLAH                : SMK BINA PUTRA
MATA PELAJARAN                        : TEKNIK AUDIO VIDEO
KELAS/SEMESTER            : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : MENSETUP DAN MENGOPERASIKAN KAMERA VIDEO
ALOKASI WAKTU               : 117 X 45 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.     Memilih dan menyiapkan bahan dan peralatan kamera
§ Konfirmasi peralatan dan syarat stok untuk pengambilan gambar
§ Mendapatkan dan membersihkan peralatan serta dipastikan bahwa kamera tersebut berfungsi
§ Kesalahan dan kerusakan dikenali dan dilaporkan pada teknisi khusus
§ Didapatkan stok dan bahan habis yang diperlukan dan dipastikan tersedia dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan pembuatan film serta ditempatkan pada lokasi dan waktu yang tepat untuk pembuatan film
§ Pengidentifikasian alat sesuai kebutuhan
§ Pengecekan fungsi alat
§ Mengkonfirmasikan peralatan dan syarat stok untuk pengambilan gambar dengan teliti
§ Mendapatkan peralatan yang tepat serta dipastikan bahwa kamera tersebut berfungsi
§ Membersihkan dengan teliti peralatan dan kamera
§ Mengenali kesalahan dan kerusakan dengan cermat pada peralatan produksi
§ Melaporkan kesalahan dan kerusakan peralatan kepada teknisi ahli
§ Mendapatkan stok bahan yang habis sebagai antisipasi ketersediaan pada waktu proses produksi
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
1
6(12)
3(12)
§ Kamera video
§ Tripod
§ Alat tulis
§ Lokasi shooting
§ Buku penunjang
§ Internet
2.     Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
§ Daya listrik dipastikan tersedia dan sesuai
§ Charger dipastikan sesuai untuk battery yang digunakan
§ Battery diisi dengan aman menurut rekomendasi pabrik
§ Battery yang sudah diisi sesuai dengan durasi film dirawat
§ Listrik sebagai sumber energi untuk kamera
§ Pengisian battery charger pada kamera
§ Memastikan terdapat listrik pada lokasi
§ Memasang battery charger pada kamera sesuai prosedur
§ Melepaskan battery charger pada kamera sesuai prosedur
§ Mengisi energi (mencharge) battery charger pada kamera
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
2
8(16)
7(28)
§ Kamera video
§ Tripod
§ Battery charger kamera
§ Sumber listrik
§ Buku penunjang
§ Internet
3.     Memasang atau memeriksa peralatan pendukung kamera
§ Ditentukan syarat-syarat pendukung dan posisi kamera
§ Peralatan pendukung dipasang pada posisi yang sesuai dan pada ketinggian yang sesuai pula untuk mencapai camera shot yang diperlukan
§ Dipastikan peralatan pendukung kamera dalam keadaan aman, terhindar dari kerusakan dan sesuai dengan kamera
§ Alat-alat pendukung kamera
§ Posisi alat-alat pendukung kamera
§ Menentukan syarat-syarat pendukung dan posisi kamera dengan sesuai kebutuhan
§ Mengidentifikasi alat-alat pendukung kamera
§ Memposisikan peralatan pendukung kamera sesuai dengan kebutuhan
§ Memastikan posisi dari peralatan pendukung aman
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
1
6(12)
3(12)
§ Kamera video
§ Tripod
§ Battery charger kamera
§ Sumber listrik
§ Alat pendukung kamera yang relevan
§ Buku penunjang
§ Internet
4.     Memasang kamera, lensa dan aksesories lain
§ Lensa dan filter kamera dipilih dan dipasang secara benar sesuai persyaratan kreatif
§ Aksesories kamera lain dan persyaratan khusus dipasang secara benar
§ Kamera diangkat dengan menggunakan teknik pengangkatan dan penanganan yang aman
§ Kamera diamankan untuk menghindari kerusakan
§ Lensa dan filter kamera
§ Tripod sebagai alat bantu stabilizer
§ Teknik memegang kamera
§ Mengidentifikasi lensa dan filter kamera secara tepat
§ Memasang lensa dan filter pada kamera sesuai prosedur
§ Memasang aksesoris kamera secara tepat
§ Memegang dan mengangkat kamera sesuai prosedur
§ Memposisikan tripod sesuai kebutuhan
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
1
6(12)
3(12)
§ Kamera video
§ Lensa
§ Tripod
§ Buku penunjang
§ Internet
5.     Menguji semua aspek operasional kamera
§ Fungsi perekam pada vide kamera diperiksa untuk mendapatkan output teknis yang akurat
§ Pencahayaan, warna dan aspek focus kamera diperiksa untuk mendapatkan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
§ Filter yang telah dipilih diperiksa untuk memastikan bahwa filter-filter tersebut telah sesuai dengan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
§ Menu-menu pada kamera
§ Penyesuain penggunaan menu pada kamera
§ Memeriksa fungsi perekam pada vide kamera untuk mendapatkan output teknis yang akurat
§ Memeriksa pencahayaan, warna dan aspek focus kamera untuk mendapatkan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
§ Memilih filter yang telah diperiksa untuk memastikan bahwa filter-filter tersebut telah sesuai dengan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
1
6(12)
3(12)
§ Kamera video
§ Buku penunjang
§ Internet
6.     Menyiapkan dan mengisi videotape
§ Labelisasi semua kaset secara akurat
§ Pengisian dan pemeriksaan videotape kedalam kamera untuk merekam
§ Konfirmasi persiapan untuk pengambilan gambar dengan personel yang relevan
§ Identifikasi kaset
§ Pengoperasian video tape atau kaset
§ Persiapan pengambilan gambar
§ Memberikan identifikasi pada kaset dengan label secara cermat
§ Membuka tempat kaset pada kamera sesuai dengan prosedur
§ Memasukkan kaset sesuai prosedur
§ Koordinasi dengan tim yang relevan atau kelompok untuk memulai pengambilan gambar
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
2
8(16)
7(28)
§ Kamera video
§ Video tape
§ Buku penunjang
§ Internet
7.     Mengoperasikan kamera
§ Kamera dioperasikan menurut petunjuk dan panduan dari pabrik
§ Pertimbangan pada camera shots dan angles untuk memastikan bahwa pengambilan gambar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan
§ Penggunaan teknik fotografi dan komposisi untuk memenuhi persyaratan kreatif
§ Dipastikan bahwa gerakan kamera tetap dan halus selama durasi pembuatan film
§ Penyesuaian dan penggerakan peralatan bila diperlukan, selama pembuatan film
§ Prosedur pengoperasian kamera
§ Sudut pengambilan kamera yang sesuai
§ Pergerakan kamera
§ Mengoperasikan kamera menurut petunjuk dan panduan dari pabrik
§ Mempertimbangkan camera shots dan angles untuk memastikan bahwa pengambilan gambar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan
§ Menggunakan teknik fotografi dan komposisi yang sesuai untuk memenuhi persyaratan kreatif
§ Memastikan dengan teliti bahwa gerakan kamera tetap dan halus selama durasi pembuatan film
§ Menyesuaikan pergerakan peralatan bila diperlukan  selama pembuatan film
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
2
8(16)
9(36)
§ Kamera video
§ Tripod
§ Buku penunjang
§ Internet
8.     Melepaskan kamera, aksesories dan peralatan pendukung
§ Video kamera, aksesoris, serta pendukungnya dibongkar dan dibawa dengan menggunakan teknik pengangkatan yang aman
§ Semua peralatan dibersihkan dan dipak ke dalam tas untuk menghindari kerusakan dan siap untuk dipindahkan
§ Laporan dan dokumentasi semua peralatan yang rusak dan membutuhkan perawatan kepada personel yang relevan
§ Lokasi pembuatan film ditinggalkan dalam keadaan seperti sedia kala atau bahkan lebih baik, dengan kepastian bahwa tidak ada dampak buruk pada lokasi
§ Pembongkaran aksesoris dan alat pendukung kamera secara aman
§ Penyimpanan aksesoris dan lat pendukung kamera pada tempatnya
§ Pengidentifikasian kondisi alat
§ Perawatan lokasi shooting
§ Melepaskan aksesoris kamera dari kamera sesuai prosedur
§ Melepaskan kamera dari stabilizer  sesuai prosedur
§ Mengidentifikasi dengan teliti kondisi alat setelah pemakaian
§ Menyimpan kamera pada tas kamera denagn hati-hati
§ Menyimpan aksesoris dan stabilizer pada tempatnya
§ Melaporkan dan mendokumentasikan semua peralatan yang rusak dan membutuhkan perawatan kepada personel yang relevan
§ Merawat lokasi shooting dengan membersihkan lokasi shooting dari sampah akibat proses shootng
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
2
8(16)
7(28)
§ Kamera
§ Lensa
§ Tripod
§ Buku penunjang
§ Internet

Sungai Raya,    Januari  2015
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran




Yuyun Purwo Rachmanto.ST                                                                                                                                                     EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC



Komentar

Postingan populer dari blog ini

VCD PLAYER

Kata sambutan kepala sekolah menengah kejuruan BINA PUTRA pada kelulusan th 2021

Dialog Akal dan Nafsu dengan Allah