RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
Di Susun Oleh :
EKO LILIK BUDIYANTO. B,Sc
Mata
Pelajaran : Teknik Audio Video
Standar Kompetensi : Mensetup dan Mengoperasikan
Kamera Video
PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah :
SMK Bina Putra
Kelas/Semester :
XII/ 5 (lima)
Mata Pelajaran :
Teknik Audio Video
Standar Kompetensi :
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video
Tahun Pelajaran :
2015/ 2016
A. Jumlah Minggu Dalam Setiap Bulan
No
|
Bulan
|
Jumlah Minggu
|
Jumlah Minggu
Efektif
|
Keterangan
|
1
|
Juli
|
3
|
3
|
|
2
|
Agustus
|
4
|
3
|
|
3
|
September
|
4
|
2
|
|
4
|
Oktober
|
5
|
4
|
|
5
|
Nopember
|
4
|
4
|
|
6
|
Desember
|
5
|
2
|
|
7
|
Januari
|
4
|
3
|
|
8
|
Februari
|
4
|
4
|
|
9
|
Maret
|
4
|
2
|
|
10
|
April
|
5
|
4
|
|
11
|
Mei
|
4
|
2
|
|
12
|
Juni
|
5
|
2
|
|
Jumlah
|
51
|
35
|
|
B. Distribusi Minggu Efektif
No
|
Jumlah Minggu
Efektif Per Tahun
|
Jumlah Minggu
Efektif Per Semester I
|
Jumlah Minggu
Efektif Per Semester II
|
Keterangan
|
1
|
35
|
18
|
17
|
|
C. Jumlah Jam Belajar
No
|
Satu Minggu
|
Semester I
|
Semester II
|
Keterangan
|
1
|
3
|
54
|
51
|
|
D. Jumlah Jam Belajar
No
|
Uraian
|
Semester I
|
Semester II
|
Keterangan
|
1
|
Minggu Efektif
|
18
|
17
|
|
2
|
Minggu Tidak Efektif
|
7
|
9
|
|
3
|
Minggu Cadangan
|
2
|
2
|
|
4
|
Jam Belajar Efektif
|
54
|
51
|
|
5
|
Jam Belajar Tidak Efektif
|
21
|
27
|
|
6
|
Jam Belajar Cadangan
|
6
|
6
|
|
Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Yuyun Purwo Rachmanto.ST
Eko Lilik Budiyanto. B,Sc
PROGRAM TAHUNAN
ALOKASI WAKTU
TAHUN PELAJARAN
2015/2016
Nama Sekolah :
SMK Bina Putra
Kompetensi Keahlian : Teknik
Elektronika
Mata Pelajaran :
Teknik Audio Video
Standar Kompetensi :
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar
Kelas/Semester :
XII/ 5
NO
|
BULAN
|
JUMLAH MINGGU
|
KETERANGAN
|
|
KESELURUHAN
|
EFEKTIF
|
|||
1
|
Juli
|
3
|
3
|
|
2
|
Agustus
|
4
|
3
|
|
3
|
September
|
4
|
2
|
|
4
|
Oktober
|
5
|
4
|
|
5
|
Nopember
|
4
|
4
|
|
6
|
Desember
|
5
|
2
|
|
7
|
Januari
|
4
|
3
|
|
8
|
Februari
|
4
|
4
|
|
9
|
Maret
|
4
|
2
|
|
10
|
April
|
5
|
4
|
|
11
|
Mei
|
4
|
2
|
|
12
|
Juni
|
5
|
2
|
|
Jumlah
|
51
|
35
|
|
DISTRIBUSI JAM PELAJARAN
NO
|
BULAN
|
JUMLAH MINGGU
|
KETERANGAN
|
|
KESELURUHAN
|
EFEKTIF
|
|||
1
|
KBM Efektif
|
35
|
16
|
|
2
|
Ulangan Harian
|
2
|
2
|
|
3
|
Mid Semester
|
1
|
1
|
|
4
|
KBM Tidak Efektif
|
16
|
35
|
|
5
|
Cadangan
|
2
|
2
|
|
6
|
Remidial/ Pengayaan
|
1
|
1
|
|
7
|
Ulangan Umum
|
1
|
1
|
|
Jumlah
|
58
|
58
|
|
Sungai Raya, 15 Juli
2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Yuyun Purwo Rachmanto.ST EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran :
Teknik Audio Video
Standar Kompetensi :
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video
Kelas :
XII
Semester :
1 (satu)
Tahun Pelajaran :
2015/ 2016
No
|
Standar Kompetensi
|
Tatap Muka
|
Bulan
|
Keterangan
|
|||||||||||||||||||||||
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
DESEMBER
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Memilih dan menyiapkan
bahan dan peralatan kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
Pengidentifikasian
alat sesuai kebutuhan
v
Pengecekan fungsi
alat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengisi dan merawat battery
selama pengambilan gambar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
Listrik sebagai
sumber energi untuk kamera
v
Pengisian
battery charger pada kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memasang atau memeriksa peralatan
pendukung kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
Alat-alat
pendukung fungsi kamera
v
Posisi
alat-alat pendukung kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memasang kamera, lensa dan
aksesories lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
Lensa dan
filter kamera
v
Tripod sebagai
alat bantu stabilizer
v
Teknik memegang
kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Menguji semua aspek
operasional kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
Menu-menu pada
kamera
v
Penyesuain
penggunaan menu pada kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Menyiapkan dan mengisi
videotape
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
Identifikasi
kaset
v
Pengoperasian
video tape atau kaset
v
Persiapan
pengambilan gambar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Mengoperasikan kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
Prosedur
pengoperasian kamera
v
Sudut
pengambilan kamera yang sesuai
v
Pergerakan
kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Melepaskan kamera,
aksesories dan peralatan pendukung
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
Pembongkaran
aksesoris dan alat pendukung kamera secara aman
v
Penyimpanan
aksesoris dan lat pendukung kamera pada tempatnya
v
Pengidentifikasian
kondisi alat
v
Perawatan
lokasi shooting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Yuyun Purwo Rachmanto.ST EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
Mata Pelajaran :
Teknik Audio Video
Standar Kompetensi :
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar
Kelas :
XII
Semester :
5 (lima)
Tahun Pelajaran :
2015/ 2016
Durasi Pembelajaran :
No
|
Standar Kompetensi/
Kompetensi Dasar
|
Jml Jam
|
Alokasi Waktu (Minggu Efektif)
|
Tempat
|
Ket
|
|||||||||||||||||||||
Minggu Ke
|
Sekolah
|
DU/DI
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
Teori
|
Praktek
|
|||||
1
|
Memilih dan menyiapkan
bahan dan peralatan kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengisi dan merawat battery
selama pengambilan gambar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memasang atau memeriksa
peralatan pendukung kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Memasang kamera, lensa dan
aksesories lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Menguji semua aspek
operasional kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Menyiapkan dan mengisi
videotape
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Mengoperasikan kamera
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Melepaskan kamera,
aksesories dan peralatan pendukung
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SMK : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu : 4 x 45
A. Standar Kompetensi :
1.
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video
B. Kompetensi Dasar :
1. Memilih
dan menyiapkan bahan dan peralatan kamera
C. Indikator :
1. Pengidentifikasian
alat sesuai kebutuhan
2. Pengecekan
fungsi alat
D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi alat
sesuai kebutuhan
2. Peserta didik mampu melakukan pengecekan fungsi
alat
E. Materi Pembelajaran
·
Pengidentifikasian alat sesuai kebutuhan
·
Pengecekan fungsi alat
F. Pendekatan & Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengucapkan salam (Religius)
·
Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·
Menanyakan kepada peserta didik macam-macam kamera
video
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
·
Mengkonfirmasikan peralatan dan syarat stok
untuk pengambilan gambar dengan teliti
·
Mendapatkan peralatan yang tepat serta
dipastikan bahwa kamera tersebut berfungsi
·
Membersihkan dengan teliti peralatan dan kamera
·
Mengenali kesalahan dan kerusakan dengan cermat
pada peralatan produksi
·
Melaporkan kesalahan dan kerusakan peralatan
kepada teknisi ahli
·
Mendapatkan stok bahan yang habis sebagai
antisipasi ketersediaan pada waktu proses produksi
3. Kegiatan Penutup
·
Menarik
kesimpulan tentang karakteristik kamera video
·
Menutup
pertemuan dan mengucapkan salam
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Kamera video,
Tripod, Battery charger kamera, Sumber listrik, Buku penunjang, Internet
I. Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)
1. Teknik
Tes tulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Soal / Instrumen
a.
Jelaskan macam-macam kamera video
b.
Jelaskan karakteristik dari salah satu kamera video
Sungai Raya, 15
Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Ka. Kompetensi Guru
Mata Pelajaran
Yuyun
Purwo Rachmanto.ST Eko Lilik Budiyanto, B.Sc EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SMK : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu : 4 x 45
A. Standar Kompetensi :
1.
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar
B. Kompetensi Dasar :
2. Mengisi
dan merawat battery selama pengambilan gambar
C. Indikator :
- Daya listrik dipastikan tersedia dan sesuai
- Charger dipastikan sesuai untuk battery yang digunakan
- Battery diisi dengan aman menurut rekomendasi pabrik
- Battery yang sudah diisi sesuai dengan durasi film dirawat
D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu memastikan ketersediaan
daya listrik dan sesuai
2. Peserta didik mampu memastikan charge sesuai
dengan battrey yang digunakan
3. Peserta didik mampu mengisi battery sesuai
rekomendasi pabrik
4. Peserta didik mampu melakukan pengisian
battery sesuai durasi yang dibutuhkan
E. Materi Pembelajaran
·
Listrik sebagai sumber energi untuk kamera
·
Pengisian battery charger pada kamera
F. Pendekatan & Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengucapkan salam (Religius)
·
Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·
Menanyakan kembali kepada peserta didik
macam-macam kamera video
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
·
Memastikan terdapat listrik pada lokasi
·
Memasang battery charger pada kamera sesuai
prosedur
·
Melepaskan battery charger pada kamera sesuai
prosedur
·
Mengisi energi (mencharge) battery charger pada
kamera
3. Kegiatan Penutup
·
Menarik
kesimpulan tentang mengisi dan merawat battrey
·
Menutup
pertemuan dan mengucapkan salam
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Kamera
video, Tripod, Battery charger kamera, Sumber
listrik, Buku penunjang, Internet
I. Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)
1. Teknik
Tes tulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Soal / Instrumen
a. Jelaskan bagaimana cara untuk memastikan
tersedianya daya listrik?
b. Jelaskan prosedur yang benar cara melapas dan
memasang battery?
c. Jelaskan bagaimana cara mencharge yang benar?
Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Ka. Kompetensi Guru
Mata Pelajaran
Yuyun
Purwo Rachmanto.ST Eko Lilik Budiyanto, B.Sc EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SMK : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu : 4 x 45
A. Standar Kompetensi :
1.
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video
B. Kompetensi Dasar :
3. Memasang
atau memeriksa peralatan pendukung kamera
C. Indikator :
1. Ditentukan
syarat-syarat pendukung dan posisi kamera
2. Peralatan
pendukung dipasang pada posisi yang sesuai dan pada ketinggian yang sesuai pula
untuk mencapai camera shot yang diperlukan
3. Dipastikan
peralatan pendukung kamera dalam keadaan aman, terhindar dari kerusakan dan
sesuai dengan kamera
D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu memastikan syarat
pendukung dan posisi kamera
2. Peserta didik mampu mengatur peralatan pendukung yang dibutuhkan
sesuai ketinggian yang dibutuhkan
3. Peserta didik mampu memastikan peralatan pendukung kamera aman
untuk digunakan
E. Materi Pembelajaran
·
Alat-alat pendukung kamera
·
Posisi alat-alat pendukung kamera
F. Pendekatan & Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengucapkan salam (Religius)
·
Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·
Menanyakan kembali kepada peserta didik tentang mengisi dan merawat battrey
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
·
Menentukan syarat-syarat pendukung dan posisi
kamera dengan sesuai kebutuhan
·
Mengidentifikasi alat-alat pendukung kamera
·
Memposisikan peralatan pendukung kamera sesuai
dengan kebutuhan
·
Memastikan posisi dari peralatan pendukung aman
3. Kegiatan Penutup
·
Menarik
kesimpulan tentang memasang atau memeriksa peralatan pendukung kamera
·
Menutup
pertemuan dan mengucapkan salam
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Sumber listrik, Alat pendukung
kamera yang relevan, Buku penunjang, Internet
I. Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)
1. Teknik
Tes tulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Soal / Instrumen
a. Sebutkan peralatan-peralatan pendukung kamera?
b. Jelaskan prosedur yang benar
cara mengatur ketinggian peralatan pendukung kamera?
Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Ka. Kompetensi Guru Mata Pelajaran
Yuyun
Purwo Rachmanto.ST Eko Lilik
Budiyanto, B.Sc EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SMK : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu : 4 x 45
A. Standar Kompetensi :
1.
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video
B. Kompetensi Dasar :
4. Memasang
kamera, lensa dan aksesories lain
C. Indikator :
- Lensa dan filter kamera dipilih dan dipasang secara benar sesuai persyaratan kreatif
- Aksesories kamera lain dan persyaratan khusus dipasang secara benar
- Kamera diangkat dengan menggunakan teknik pengangkatan dan penanganan yang aman
- Kamera diamankan untuk menghindari kerusakan
D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik mampu memilih lensa dan filter kamera dan dipasang dengan benar
2. Peserta didik mampu menggunakan aksesoris lain dan dipasang dengan
benar
3. Peserta didik mampu menggunakan/mengangkat kamera dengan benar
4. Peserta didik mampu mengamankan dan menghindarkan kamera dari
kerusakan
E. Materi Pembelajaran
- Lensa dan filter kamera
- Tripod sebagai alat bantu stabilizer
- Teknik memegang kamera
F. Pendekatan & Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengucapkan salam (Religius)
·
Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·
Menanyakan kembali kepada peserta didik tentang memasang atau memeriksa
peralatan pendukung kamera
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
·
Mengidentifikasi lensa dan filter kamera secara
tepat
·
Memasang lensa dan filter pada kamera sesuai
prosedur
·
Memasang aksesoris kamera secara tepat
·
Memegang dan mengangkat kamera sesuai prosedur
·
Memposisikan tripod sesuai kebutuhan
3. Kegiatan Penutup
·
Menarik
kesimpulan tentang memasang kamera, lensa dan aksesories lain
·
Menutup
pertemuan dan mengucapkan salam
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Sumber listrik, Alat pendukung
kamera yang relevan, Buku penunjang, Internet
I. Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)
1. Teknik
Tes tulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Soal / Instrumen
a. Jelaskan cara memasang lensa kamera?
b. Jelaskan teknik memegang
kamera yang baik?
Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Ka. Kompetensi Guru Mata Pelajaran
Yuyun
Purwo Rachmanto.ST Eko Lilik Budiyanto, B.Sc EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SMK : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu : 4 x 45
A. Standar Kompetensi :
1.
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video
B. Kompetensi Dasar :
5. Menguji
semua aspek operasional kamera
C. Indikator :
- Fungsi perekam pada vide kamera diperiksa untuk mendapatkan output teknis yang akurat
- Pencahayaan, warna dan aspek focus kamera diperiksa untuk mendapatkan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
- Filter yang telah dipilih diperiksa untuk memastikan bahwa filter-filter tersebut telah sesuai dengan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik mampu memeriksa fungsi perekam pada video kamera
2. Peserta didik mampu memeriksa pencahayaan, warna dan aspek focus
kamera
3. Peserta didik mampu memeriksa filter yang telah dipilih
E. Materi Pembelajaran
- Menu-menu pada kamera
- Penyesuain penggunaan menu pada kamera
F. Pendekatan & Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengucapkan salam (Religius)
·
Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·
Menanyakan kembali kepada peserta didik memasang
kamera, lensa dan aksesories lain
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
·
Memeriksa fungsi perekam pada video kamera untuk
mendapatkan output teknis yang akurat
·
Memeriksa pencahayaan, warna dan aspek focus
kamera untuk mendapatkan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
·
Memilih filter yang telah diperiksa untuk
memastikan bahwa filter-filter tersebut telah sesuai dengan hasil artistic dan
teknis yang diinginkan
3. Kegiatan Penutup
·
Menarik
kesimpulan tentang menguji semua aspek operasional kamera
·
Menutup
pertemuan dan mengucapkan salam
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Sumber listrik, Alat pendukung
kamera yang relevan, Buku penunjang, Internet
I. Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)
1. Teknik
Tes tulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Soal / Instrumen
a. Jelaskan cara untuk mengetahui
fungsi perekam pada video kamera dapat bekerja?
b. Jelaskan cara pengaturan
kamera untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup?
Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Ka. Kompetensi Guru
Mata Pelajaran
Yuyun
Purwo Rachmanto.ST Eko Lilik
Budiyanto, B.Sc EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SMK : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu : 4 x 45
A. Standar Kompetensi :
1.
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar
B. Kompetensi Dasar :
6. Menyiapkan
dan mengisi videotape
C. Indikator :
- Labelisasi semua kaset secara akurat
- Pengisian dan pemeriksaan videotape kedalam kamera untuk merekam
- Konfirmasi persiapan untuk pengambilan gambar dengan personel yang relevan
D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu melabelisasi semua kaset
secara akurat
2. Peserta didik mampu
melakukan pengisian dan pemeriksaan videotape ke dalam kamera untuk merakam
3. Peserta didik mampu mengkonfirmasi persiapan untuk pengambilan
gambar dengan personel yang relevan
E. Materi Pembelajaran
·
Identifikasi kaset
·
Pengoperasian video tape atau kaset
·
Persiapan pengambilan gambar
F. Pendekatan & Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengucapkan salam (Religius)
·
Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·
Menanyakan kembali kepada peserta didik tentang menguji
semua aspek operasional kamera
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
·
Memberikan identifikasi pada kaset dengan label
secara cermat
·
Membuka tempat kaset pada kamera sesuai dengan
prosedur
·
Memasukkan kaset sesuai prosedur
·
Koordinasi dengan tim yang relevan atau kelompok
untuk memulai pengambilan gambar
3. Kegiatan Penutup
·
Menarik
kesimpulan tentang menyiapkan dan mengisi videotape
·
Menutup
pertemuan dan mengucapkan salam
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Sumber listrik, Alat pendukung
kamera yang relevan, Buku penunjang, Videotape
I. Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)
1. Teknik
Tes tulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Soal / Instrumen
a. Jelaskan cara untuk
memasang videotape ke dalam kamera video?
b. Sebutkan media penyimpanan video yang biasa digunakan pada kamera
video selain videotape?
Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Ka. Kompetensi Guru
Mata Pelajaran
Yuyun
Purwo Rachmanto.ST Eko Lilik Budiyanto, B.Sc
EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SMK : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu : 4 x 45
A. Standar Kompetensi :
1.
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar
B. Kompetensi Dasar :
7. Mengoperasikan
kamera
C. Indikator :
- Kamera dioperasikan menurut petunjuk dan panduan dari pabrik
- Pertimbangan pada camera shots dan angles untuk memastikan bahwa pengambilan gambar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan
- Dipastikan bahwa gerakan kamera tetap dan halus selama durasi pembuatan film Penggunaan teknik fotografi dan komposisi untuk memenuhi persyaratan kreatif
- Penyesuaian dan penggerakan peralatan bila diperlukan, selama pembuatan film
D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik mampu mengoperasikan kamera sesuai petumjuk dari pabrik
2. Peserta didik mampu
mempertimbangkan pada camera shots dan angles untuk memastikan bahwa
pengambilan gambar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan
3. Peserta didik mampu menggunakan teknik fotografi dan komposisi
untuk memenuhi persyaratan kreatif
4. Peserta didik mampu
memastikan bahwa gerakan kamera tetap dan halus selama durasi pembuatan film
5. Peserta didik mampu
menyesuaikan dan penggerakan peralatan bila diperlukan, selama pembuatan film
E. Materi Pembelajaran
·
Prosedur pengoperasian kamera
·
Sudut pengambilan kamera yang sesuai
·
Pergerakan kamera
F. Pendekatan & Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengucapkan salam (Religius)
·
Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·
Menanyakan kembali kepada peserta didik tentang
menyiapkan dan mengisi videotape
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
·
Mengoperasikan kamera menurut petunjuk dan
panduan dari pabrik
·
Mempertimbangkan camera shots dan angles untuk
memastikan bahwa pengambilan gambar mendapatkan hasil seperti yang diinginkan
·
Menggunakan teknik fotografi dan komposisi yang
sesuai untuk memenuhi persyaratan kreatif
·
Memastikan dengan teliti bahwa gerakan kamera
tetap dan halus selama durasi pembuatan film
·
Menyesuaikan pergerakan peralatan bila
diperlukan selama pembuatan film
3. Kegiatan Penutup
·
Menarik
kesimpulan tentang mengoprasikan kamera
·
Menutup
pertemuan dan mengucapkan salam
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Sumber listrik, Alat pendukung
kamera yang relevan, Buku penunjang, Videotape
I. Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)
1. Teknik
Tes tulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Soal / Instrumen
a. Jelaskan cara untuk
melakukan zooming pada kamera video?
b. Sebutkan istilah-istilah
gerakan kamera yang biasa digunakan dalam shooting?
Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Ka.
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
Yuyun Purwo Rachmanto.ST Eko Lilik Budiyanto, B.Sc EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SMK : SMK BINA PUTRA
Mata Pelajaran : Teknik Audio Video
Kelas/ Semester : XII / 5 (lima)
Alokasi Waktu : 4 x 45
A. Standar Kompetensi :
1.
Mensetup dan Mengoperasikan Kamera Video Dasar
B. Kompetensi Dasar :
8. kamera,
aksesories dan peralatan pendukung
C. Indikator :
- Video kamera, aksesoris, serta pendukungnya dibongkar dan dibawa dengan menggunakan teknik pengangkatan yang aman
- Semua peralatan dibersihkan dan dipak ke dalam tas untuk menghindari kerusakan dan siap untuk dipindahkan
- Laporan dan dokumentasi semua peralatan yang rusak dan membutuhkan perawatan kepada personel yang relevan
- Lokasi pembuatan film ditinggalkan dalam keadaan seperti sedia kala atau bahkan lebih baik, dengan kepastian bahwa tidak ada dampak buruk pada lokasi
D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu melepas
video kamera, aksesoris, serta pendukungnya dan dibawa dengan menggunakan
teknik pengangkatan yang aman
2. Peserta didik mampu
membersihkan semua peralatan dan dipak ke dalam tas untuk menghindari kerusakan
dan siap untuk dipindahkan
3. Peserta didik mampu membuat
laporan dan dokumentasi semua peralatan yang rusak dan membutuhkan perawatan
kepada personel yang relevan
4. Peserta didik mampu meninggalkan
lokasi pembuatan film dalam keadaan seperti sedia kala atau bahkan lebih baik,
dengan kepastian bahwa tidak ada dampak buruk pada lokasi
E. Materi Pembelajaran
·
Pembongkaran aksesoris dan alat pendukung kamera
secara aman
·
Penyimpanan aksesoris dan lat pendukung kamera
pada tempatnya
·
Pengidentifikasian kondisi alat
·
Perawatan lokasi shooting
F. Pendekatan & Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Mengucapkan salam (Religius)
·
Mengabsen kehadiran siswa (Kedisiplinan, Kejujuran)
·
Menanyakan kembali kepada peserta didik tentang
mengoperasikan kamera
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
·
Melepaskan aksesoris kamera dari kamera sesuai
prosedur
·
Melepaskan kamera dari stabilizer sesuai prosedur
·
Mengidentifikasi dengan teliti kondisi alat
setelah pemakaian
·
Menyimpan kamera pada tas kamera denagn
hati-hati
·
Menyimpan aksesoris dan stabilizer pada
tempatnya
·
Melaporkan dan mendokumentasikan semua peralatan
yang rusak dan membutuhkan perawatan kepada personel yang relevan
·
Merawat lokasi shooting dengan membersihkan
lokasi shooting dari sampah akibat proses shootng
3. Kegiatan Penutup
·
Menarik
kesimpulan tentang melepaskan kamera, aksesories dan peralatan pendukung
·
Menutup
pertemuan dan mengucapkan salam
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Sumber listrik, Alat pendukung
kamera yang relevan, Buku penunjang, Videotape
I. Penilaian (instrumen penilaian terlampir pada lembar penilaian)
1. Teknik
Tes tulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Soal / Instrumen
a. Jelaskan cara untuk melepas
tripod dari kamera video?
·
Sebutkan alasan kenapa kita harus merawat lokasi
shooting dengan membersihkan lokasi shooting dari sampah akibat proses shooting?
Sungai Raya, 15 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Ka. Kompetensi Guru
Mata Pelajaran
Yuyun
Purwo Rachmanto.ST Eko Lilik Budiyanto, B.Sc
EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
S I L A
B U S
NAMA SEKOLAH : SMK BINA PUTRA
MATA
PELAJARAN : TEKNIK
AUDIO VIDEO
KELAS/SEMESTER : XII / 5
STANDAR
KOMPETENSI : MENSETUP DAN MENGOPERASIKAN
KAMERA VIDEO
ALOKASI WAKTU : 117 X 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.
Memilih
dan menyiapkan bahan dan peralatan kamera
|
§ Konfirmasi peralatan
dan syarat stok untuk pengambilan gambar
§ Mendapatkan dan
membersihkan peralatan serta dipastikan bahwa kamera tersebut berfungsi
§ Kesalahan dan
kerusakan dikenali dan dilaporkan pada teknisi khusus
§ Didapatkan stok dan
bahan habis yang diperlukan dan dipastikan tersedia dalam jumlah yang cukup
untuk kebutuhan pembuatan film serta ditempatkan pada lokasi dan waktu yang
tepat untuk pembuatan film
|
§ Pengidentifikasian
alat sesuai kebutuhan
§ Pengecekan fungsi
alat
|
§ Mengkonfirmasikan peralatan
dan syarat stok untuk pengambilan gambar dengan teliti
§ Mendapatkan
peralatan yang tepat serta dipastikan bahwa kamera tersebut berfungsi
§ Membersihkan dengan
teliti peralatan dan kamera
§ Mengenali kesalahan
dan kerusakan dengan cermat pada peralatan produksi
§ Melaporkan kesalahan
dan kerusakan peralatan kepada teknisi ahli
§ Mendapatkan stok
bahan yang habis sebagai antisipasi ketersediaan pada waktu proses produksi
|
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
|
1
|
6(12)
|
3(12)
|
§ Kamera video
§ Tripod
§ Alat tulis
§ Lokasi shooting
§ Buku penunjang
§ Internet
|
2.
Mengisi
dan merawat battery selama pengambilan gambar
|
§ Daya listrik
dipastikan tersedia dan sesuai
§ Charger dipastikan
sesuai untuk battery yang digunakan
§
§
|
§ Listrik sebagai
sumber energi untuk kamera
§ Pengisian battery
charger pada kamera
|
§ Memastikan terdapat
listrik pada lokasi
§ Memasang battery
charger pada kamera sesuai prosedur
§ Melepaskan battery
charger pada kamera sesuai prosedur
§ Mengisi energi
(mencharge) battery charger pada kamera
|
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
|
2
|
8(16)
|
7(28)
|
§ Kamera video
§ Tripod
§
§ Sumber listrik
§ Buku penunjang
§ Internet
|
3.
Memasang
atau memeriksa peralatan pendukung kamera
|
§ Ditentukan
syarat-syarat pendukung dan posisi kamera
§ Peralatan pendukung
dipasang pada posisi yang sesuai dan pada ketinggian yang sesuai pula untuk
mencapai camera shot yang diperlukan
§ Dipastikan peralatan
pendukung kamera dalam keadaan aman, terhindar dari kerusakan dan sesuai
dengan kamera
|
§ Alat-alat pendukung
kamera
§ Posisi alat-alat
pendukung kamera
|
§ Menentukan
syarat-syarat pendukung dan posisi kamera dengan sesuai kebutuhan
§ Mengidentifikasi
alat-alat pendukung kamera
§ Memposisikan
peralatan pendukung kamera sesuai dengan kebutuhan
§ Memastikan posisi
dari peralatan pendukung aman
|
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
|
1
|
6(12)
|
3(12)
|
§ Kamera video
§ Tripod
§
§ Sumber listrik
§ Alat pendukung
kamera yang relevan
§ Buku penunjang
§ Internet
|
4.
Memasang
kamera, lensa dan aksesories lain
|
§ Lensa dan filter
kamera dipilih dan dipasang secara benar sesuai persyaratan kreatif
§ Aksesories kamera
lain dan persyaratan khusus dipasang secara benar
§ Kamera diangkat
dengan menggunakan teknik pengangkatan dan penanganan yang aman
§ Kamera diamankan
untuk menghindari kerusakan
|
§ Lensa dan filter
kamera
§ Tripod sebagai alat
bantu stabilizer
§ Teknik memegang
kamera
|
§ Mengidentifikasi
lensa dan filter kamera secara tepat
§ Memasang lensa dan
filter pada kamera sesuai prosedur
§ Memasang aksesoris
kamera secara tepat
§ Memegang dan
mengangkat kamera sesuai prosedur
§ Memposisikan tripod
sesuai kebutuhan
|
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
|
1
|
6(12)
|
3(12)
|
§ Kamera video
§ Lensa
§ Tripod
§ Buku penunjang
§ Internet
|
5.
Menguji
semua aspek operasional kamera
|
§ Fungsi perekam pada
vide kamera diperiksa untuk mendapatkan output teknis yang akurat
§ Pencahayaan, warna
dan aspek focus kamera diperiksa untuk mendapatkan hasil artistic dan teknis
yang diinginkan
§ Filter yang telah
dipilih diperiksa untuk memastikan bahwa filter-filter tersebut telah sesuai
dengan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
|
§ Menu-menu pada
kamera
§ Penyesuain
penggunaan menu pada kamera
|
§ Memeriksa fungsi
perekam pada vide kamera untuk mendapatkan output teknis yang akurat
§ Memeriksa
pencahayaan, warna dan aspek focus kamera untuk mendapatkan hasil artistic
dan teknis yang diinginkan
§ Memilih filter yang
telah diperiksa untuk memastikan bahwa filter-filter tersebut telah sesuai
dengan hasil artistic dan teknis yang diinginkan
|
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
|
1
|
6(12)
|
3(12)
|
§ Kamera video
§ Buku penunjang
§ Internet
|
6.
Menyiapkan
dan mengisi videotape
|
§ Labelisasi semua
kaset secara akurat
§ Pengisian dan
pemeriksaan videotape kedalam kamera untuk merekam
§ Konfirmasi persiapan
untuk pengambilan gambar dengan personel yang relevan
|
§ Identifikasi kaset
§ Pengoperasian video
tape atau kaset
§ Persiapan
pengambilan gambar
|
§ Memberikan
identifikasi pada kaset dengan label secara cermat
§ Membuka tempat kaset
pada kamera sesuai dengan prosedur
§ Memasukkan kaset
sesuai prosedur
§ Koordinasi dengan
tim yang relevan atau kelompok untuk memulai pengambilan gambar
|
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
|
2
|
8(16)
|
7(28)
|
§ Kamera video
§ Video tape
§ Buku penunjang
§ Internet
|
7.
Mengoperasikan
kamera
|
§ Kamera dioperasikan
menurut petunjuk dan panduan dari pabrik
§ Pertimbangan pada
camera shots dan angles untuk memastikan bahwa pengambilan gambar mendapatkan
hasil seperti yang diinginkan
§ Penggunaan teknik
fotografi dan komposisi untuk memenuhi persyaratan kreatif
§ Dipastikan bahwa
gerakan kamera tetap dan halus selama durasi pembuatan film
§ Penyesuaian dan
penggerakan peralatan bila diperlukan, selama pembuatan film
|
§ Prosedur
pengoperasian kamera
§ Sudut pengambilan
kamera yang sesuai
§ Pergerakan kamera
|
§ Mengoperasikan
kamera menurut petunjuk dan panduan dari pabrik
§ Mempertimbangkan
camera shots dan angles untuk memastikan bahwa pengambilan gambar mendapatkan
hasil seperti yang diinginkan
§ Menggunakan teknik
fotografi dan komposisi yang sesuai untuk memenuhi persyaratan kreatif
§ Memastikan dengan teliti
bahwa gerakan kamera tetap dan halus selama durasi pembuatan film
§ Menyesuaikan
pergerakan peralatan bila diperlukan
selama pembuatan film
|
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
|
2
|
8(16)
|
9(36)
|
§ Kamera video
§ Tripod
§ Buku penunjang
§ Internet
|
8.
Melepaskan
kamera, aksesories dan peralatan pendukung
|
§ Video kamera,
aksesoris, serta pendukungnya dibongkar dan dibawa dengan menggunakan teknik
pengangkatan yang aman
§ Semua peralatan
dibersihkan dan dipak ke dalam tas untuk menghindari kerusakan dan siap untuk
dipindahkan
§ Laporan dan
dokumentasi semua peralatan yang rusak dan membutuhkan perawatan kepada
personel yang relevan
§ Lokasi pembuatan
film ditinggalkan dalam keadaan seperti sedia kala atau bahkan lebih baik,
dengan kepastian bahwa tidak ada dampak buruk pada lokasi
|
§ Pembongkaran
aksesoris dan alat pendukung kamera secara aman
§ Penyimpanan
aksesoris dan lat pendukung kamera pada tempatnya
§ Pengidentifikasian
kondisi alat
§ Perawatan lokasi
shooting
|
§ Melepaskan aksesoris
kamera dari kamera sesuai prosedur
§ Melepaskan kamera
dari stabilizer sesuai prosedur
§ Mengidentifikasi
dengan teliti kondisi alat setelah pemakaian
§ Menyimpan kamera
pada tas kamera denagn hati-hati
§ Menyimpan aksesoris
dan stabilizer pada tempatnya
§ Melaporkan dan
mendokumentasikan semua peralatan yang rusak dan membutuhkan perawatan kepada
personel yang relevan
§ Merawat lokasi
shooting dengan membersihkan lokasi shooting dari sampah akibat proses
shootng
|
§ Ujian praktik
§ Ujian Tulis
§ Ujian lisan
|
2
|
8(16)
|
7(28)
|
§ Kamera
§ Lensa
§ Tripod
§ Buku penunjang
§ Internet
|
Sungai Raya, Januari
2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Yuyun Purwo Rachmanto.ST
EKO LILIK BUDIYANTO, B.SC
Komentar
Posting Komentar